Rabu, 28 November 2018

Kiat-Kiat Menggunakan Font ANSI di Perangkat Anda (Komputer dan Ponsel)

Font ANSI

Pemasangan Font
Pemasangan font komputer tentu kita sudah familiar dengan prosesnya seperti:
>> Di Komputer klik dua kali pada file font, lalu klik instal. 

Font sudah bisa dipakai di software-software berpengolah kata (seperti Microsoft office Word, Excel, PowerPoint dan lainnya) dan software lain yang terdapat pengolahan kata & pemilihan style font didalamnya (seperti Paint, Photoscape, CorelDraw, Moviemaker, dsb). Perlu diperhatikan bahwa font ANSI tidak dapat digunakan diluar software tersebut seperti di browser dsb. 

Di Gawai/smartphone (Cara tanpa instal)

Penggunaan font ANSI aksara ini dengan tanpa menginstal font ke dalam sistem Android. Karena font ini menggunakan Unicode Latin (beberapa aksara belum memiliki slot Unicode sendiri), jika kita menginstalnya kedalam sistem Android, maka semua tulisan layar akan menjadi aksara seluruhnya, contohnya seperti instalan font aksara Bima sbb: 


Pada cara tanpa instal ini font akan berfungsi seperti penggunaan di komputer, yaitu berguna hanya dalam keperluan pengetikan naskah didalam aplikasi-aplikasi pengolah kata (seperti WPS Office, Ms Office, dsb) dan aplikasi editor foto yang ada pengedit kata nya (seperti PixelLab, Line Camera, dsb). 

Menginstal font ANSI aksara kedalam sistem Android tidak direkomendasikan karena pada beberapa tipe smartphone tidak terdapat fitur instal font eksternal (akan beresiko untuk menginstal jika mesti me-root sistem) dan setelah diinstal tetap saja pengetikan aksara tidak bisa dilakukan di luar aplikasi pengolahan kata (aplikasi yang disebutkan diatas) atau untuk keperluan media sosial misalnya. 

Namun untuk instal font Unicode aksara kedalam sistem Android dapat saja dilakukan karena ini tidak akan mengganggu tampilan antarmuka (seperti berubahnya semua tulisan menjadi aksara seperti diatas) dan aksara bisa digunakan pada platform apapun. Penginstalan font hanya menjadi lebih beresiko apabila pengguna harus me-root ponselnya. Untuk itu pastikan pelajari cara perawatan ponsel yang telah di-root karena hp akan menjadi rentan terhadap faktor luar. Pilih juga aplikasi root Android yang terpercaya. Aplikasi penginstal font dapat menggunakan aplikasi iFont (dapat diunduh di playstore).
  
Berikut adalah cara menggunakan font aksara ANSI di ponsel pintar tanpa install: 
>> Buka file explorer/ pengelola berkas, masuk ke kartu SD
>> Buat folder baru berjudul “FONTS”
>> Letakkan font-font aksara Bima didalam folder tersebut
Anda dapat langsung mengetik aksara yang bersangkutan didalam aplikasi-aplikasi diatas (caranya sama seperti mengetik dan memilih gaya font di Ms Word di PC anda).
Lihat versi panduan videonya di: 

Perlu diperhatikan:
Simpanlah pekerjaan anda kedalam format PDF jika hendak membawa file ketikan keluar dari komputer/smartphone anda (misalnya untuk keperluan print naskah), karena di komputer lain yang tidak memasang font aksara tsb, ketikan anda akan kembali berubah menjadi tulisan Latin biasa.
>> bagi pengguna Windows 10 dan Microsoft Office 2013 di komputer dan WPS Office di Android, telah terdapat pilihan Save As dokumen kedalam format pdf langsung sehingga tidak memerlukan converter lagi. Converter online tidak dapat membantu untuk kebutuhan ini.

Dan buatlah tulisan anda dalam bentuk media gambar (jpg, png, dsb.) untuk keperluan posting media sosial karena tulisan ketikan aksara tidak dapat di copy-paste ke browser/keluar software pengolah kata. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar